Pembekalan Skripsi Tahun Akademik 2022/2023 Dikemas Berbeda

November 21, 2022 0 By admin

Skripsi merupakan karya akhir mahasiswa selama studi program sarjana. Karya tulis ilmiah yang merupakan hasil pengembangan intelektual mahasiswa. Namun tidak sedikit mahasiswa yang merasa takut menghadapi skripsi. Pembekalan skripsi diselenggarakan oleh Panitia Skripsi guna memberikan informasi kepada mahasiswa terkait prosedur, syarat, tips dan kiat mengerjakan skripsi. Pada tahun ini, Ahmad Suyanto, M.Pd., selaku ketua panitia skripsi, mengemas agenda pembekalan secara berbeda. Perbedaan ini terletak pada materi pembekalan yang disampaikan pada agenda pembekalan yang dilaksanakan selama dua hari, 19 dan 20 November 2022.

Pada hari pertama, 19 November 2022, diperuntukkan khusus untuk dosen pembimbing skripsi. Dilaksanakan di auditorium lantai 3 Kampus IAI Al-Hikmah Tuban, acara pembekalan dikemas dengan dua sesi. Hal inilah yang menjadi pembeda dari tahun sebelumnya. Jika biasanya hanya dilakukan satu sesi saja terkait sosialisasi buku panduan skripsi. Sesi pertama, sesi penyamaan persepsi buku panduan penulisan skripsi oleh Kepala LPPM, Vita Fitriatul Ulya, M.Pd., kepada dosen pembimbing skripsi. Hal ini penting dilakukan untuk melakukan penyeragaman dalam membimbing skripsi mahasiswa, mengingat background pendidikan dosen pembimbing skripsi bermacam-macam. Selanjutnya sesi kedua adalah upgrading dosen. Dikemas dengan agenda pemantapan metodologi penelitian kuantitatif yang disampaikan oleh dosen program studi Perbankan Syariah, yang juga menjabat sebagai ketua unit PMB, Mukhamad Roni, S.E., M.E., Ak., C.A.

Hari kedua pembekalan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2022. Diikuti oleh 134 mahasiswa, acara dimulai pada pukul 09.00 dan berlangsung di tempat yang sama, yaitu auditorium lantai 3 Kampus IAI Al-Hikmah Tuban. Acara pembekalan mahasiswa juga dilakukan dengan dua sesi. Sesi pertama adalah penyampaian materi oleh Kepala LPPM terkait alur ujian skripsi, timeline, tips mengerjakan skripsi dan pemberian motivasi kepada mahasiswa peserta skripsi. Sesi kedua diisi dengan penyampaian tutorial penggunaan siakad cloud untuk skripsi. Mulai dari pengajuan judul, proses pembimbingan, daftar seminar proposal hingga sidang skripsi. Materi siakad ini disampaikan langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian, Tatang Aulia Rahman, M.Pd., yang juga menjabat sebagai dosen tetap program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini di IAI Al-Hikmah Tuban.

Menurut Ahmad Suyanto, M.Pd., melalui acara pembekalan ini diharapkan memiliki dampak positif, baik bagi dosen maupun mahasiswa. Bagi dosen,yang mulanya concern di bidang penelitian kualitatif, akan termotivasi untuk mencoba penelitian jenis kuantitatif. Sedangkan bagi mahasiswa, diharapkan dapat mengubah mindset mahasiswa bahwa skripsi itu tidak sulit apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sesuai prosedur.